Malware (Perangkat Lunak Jahat)

Kita tentunya sering mendengar tentang istilah virus, ya banyak sekali orang yang mengatakan “komputer saya terkena virus”. Tetapi jika kita melihat informasi tentang virus di internet atau perangkat antivirus tentunya akan sedikit membinggungkan karena banyak sekali berbagai istilah yang dipakai seperti : Worm, Spyware, Trojan, Adware, Malware dan lain-lain.

Dalam tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan berbagai istilah yang termasuk dalam perangkat lunak (software) yang sengaja dibuat dalam tujuan kejahatan :

1. Malware

Ini adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut perangkat lunak (software) yang jahat. Malware adalah akronim dari kata Malicious software yang berarti program yang sengaja dibuat untuk merusak/menyusup/merugikan sebuah komputer baik itu sebuah PC, Server yang berada di jaringan atau berdiri sendiri. Dapat disimpulkan istilah malware dipakai untuk menyebut software jahat tanpa memperhatikan hal khusus yang dimiliki oleh sofwaret jahat itu (Malware).

2. Virus Komputer

Bisa dikatakan Virus Komputer adalah salah satu jenis Malware yang paling terkenal dan yang paling tua. Sebenarnya apa itu Virus Komputer??? sering sekali orang mengartikan Virus Komputer adalah sebuah program yang dibuat untuk menganggu user/pengguna dengan cara menghapus atau memindahkan data pada media penyimpanan seperti hardisk atau flashdisk.

Pengertian itu tidaklah tepat, pada awalnya sebuah Virus Komputer adalah sebuah program yang memiliki kemampuan memerbanyak/mengandakan dirinya sendiri dengan cara menempel pada program aplikasi yang user gunakan seperti file yang dapat dijalankan (.exe, .com dan .vbs). Jika sebuah program yang telah terinfeksi virus dijalankan oleh user maka virus tersebut langsung menggandakan diri.

Namun pada perkembangannya virus komputer dapat menggandakan dirinya sendiri tanpa bantuan user mereka itu yang nantinya disebut dengan Worm.

3. Worm

Karena sudah sedikit dijelaskan diatas maka saya akan langsung menjelaskan tentang Worm yang dapat otomatis menggandakan dirinya. Worm atau yang dapat diartikan sebagai Cacing Komputer adalah perangkat lunak (software) yang memiliki kemampuan menggandakan dirinya sendiri seperti virus komputer namun ia lebih hebat karena dapat otomatis meng-aktifkan dirinya tanpa bantuan user.

Sebuah worm juga tidak memerlukan program atau dokumen untuk menempel dan menjadikannya sebagai sarang. Worm dapat hidup di sebuah jaringan komputer (termasuk internet) dan langsung menyebarkan dirinya ke dalam komputer yang terhubung dengan jaringan itu. Worm dapat masuk denagn memanfaatkan kerapuhan (vulerability) dari suatu sistem, biasanya sistem operasi yang terdapat dalam komputer di jaringan itu. Setelah masuk ke dalam suatu komputer, worm memodifikasi beberapa pengaturan di sistem operasi agar tetap hidup. Minimal, ia memasukkan diri dalam proses boot suatu komputer, mematikan akses ke situs antivirus, menonaktifkan fitur keamanan di sistem, dan tindakan lain.

4. Keylogger

Keylogger adalah suatu perangkat lunak yang mencatat semua tekanan tombol keyboard. Catatan yang disimpan dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian hari secara lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password, dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan. Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang. Tentu saja itu dilakukan tanpa sepengetahuan si korban. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna komputer melakukan tindakan tertentu. Misalnya ketika pengguna komputer membuka situs e-Banking, keylogger aktif dan mencatat semua tekanan pada keyboard di situs itu dengan harapan nomor PIN dapat dicatat. Keylogger ini cukup berbahaya karena secanggih apapun enkripsi yang diterapkan oleh suatu website, password tetap dapat diambil. Pasalnya, password itu diambil sebelum sempat dienkripsi oleh sistem. Jadi, keylogger merekam sesaat setelah password diketikkan dan belum diproses oleh sistem.

5. Trojan Horse

Trojan Horse salah satu jenis Malware yang paling banyak memakan korban sekarang ini. Trojan Horse adalah istilah yang digunakan untuk Malware yang seolah-olah merupakan program yang berguna, yang menghibur, dan yang menyelamatkan, padahal di balik itu semua Trojan Horse memiliki tujuan merusak. Trojan ini bisa ditunggangi oleh Malware lain seperti virus, worm, spyware. Trojan dapat digunakan untuk menyebarkan atau mengaktifkan mereka. Jika diartikan istilahTrojan Horse sendiri adalah Kuda Troya yang terdapat dalam legenda Yunani dimana terdapat sebuah benteng berbentuk kuda yang dianggap berisi harta rampasan perang, namun ternyata benteng kuda troya itu berisi pasukan penyusup yang akan menyerang ketika lawannya lengah. Begitu pula dengan Trojan Horse Komputer yang akan merusak sistem.

Secara umum perilaku Trojan Horse adalah sebagai berikut :

- Mereka akan menempel/menginfeksi pada media penyimpanan seperti harddisk dan flashdisk..

- setelah menginfeksi media penyimpanan mereka akan menyebabkan kerusakan atau perubahan data yang telah diinfeksi

- karena kemampuannya yang dapat ditunggai oleh jenis malware lainnya seperti spyware maka trojan juga mampu mengambil data pribadi seperti mencuri password dan nomor kartu kredit.

6. Spyware

Seperti yang telah disinggung diatas Spyware adalah perangkat lunak yang megumpulkan dan mengirim informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu dan mereka juga memiliki kemampuan menginstall dirinya sendiri di komputer anda. Informasi yang dicuri oleh spyware beraneka ragam dari yang tidak tertalu berbahaya seperti pola berkomputer, terutama berinternet seseorang, sampai yang berbahaya seperti nomor kartu kredit, PIN untuk perbankan elektronik (e-banking), dan password suatu akun. Selanjutnya informasi yang dicuri itu digunakan untuk menampilkan iklan yang biasanya berupa jendela pop-up. Iklan itu berhubungan dengan kebiasaan seseorang berinternet. Misalnya kerapkali seseorang mencari informasi mengenai kamera digital. Jendela pop-up yang muncul akan menampilkan, misalnya, suatu situs berdagang kamera digital. Istilah untuk spyware yang berperilaku seperti ini sering disebut dengan Adware.

7. Spam

Spam adalah salah satu jenis Malware yang memiliki kemampuan mengirimkan pesan,iklan dan lain-lain dalam jumlah besar ke banyak penerima. Spam bisa juga dalam bentuk SMS, bentuk berita atau pesan yg dikirim berulang-ulang tanpa tujuan jelas dan tanpa persetujuan yg menerimannya. Sebetulnya kemampuan spam tidaklah terlalu berbahaya namun jika yang sesuatu yang dikirimkan/disebarkan spam itu berbentuk seperti Hoax(berita bohong) dan adult message (pesan yang bersifat dewasa/sex) maka spam dapat mengakibatkan keresahan di kehidupan sosial.

http://yurizone.wordpress.com

Penulis: Yuris

Referensi :

22:58 – 08 Juni 2010

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: