Earthquake

Gempa Bumi sekarang kerap kembali menimpa Negara kita (Indonesia). Masih hangat berita tentang gempa di Tasikmalaya tanggal 2 September 2009, yang gelombang gempa-nya terasa sampai daerah bandung, Jakarta, dan bali. Dimana gelombang gempa di tasik Malaya mencapai 7,3 Skala Richter.

Dan akhir-akhir ini gempa susulan menimpa saudara kita di Sumatera Barat, dimana gelombang gempanya lebih besar daripada gempa kemarin di Tasikmalaya yaitu sekitar 7,6 Skala Richter, tentunya gempa ini lebih banyak memakan korban, baik korban jiwa, korban luka atau korban harta benda. Dimana korbannya mencapai sekitar kurang lebih 1.100 orang tewas dan mungkin masih ada ribuan orang yang terperangkap di reruntuhan banguan yang ambruk.

Di dalam tulisan ini, saya Yuris sebagai penulis ingin menyampaikan sebuah informasi tentang gempa. Baik itu semua yang berhubungan dengan gempa, dan bagaimana cara untuk menghadapi gempa bumi.

Gempa bumi adalah suatu getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Dimana pergerakan tersebut dapat disebabkan oleh 2 sumber yaitu sebagai berikut

1. Gempa Tektonik.

Yaitu gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempengan yang berada didalam bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik. Teori dari tektonik plate (plat tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.

Berikut adalah contoh dari gempa tektonik yang terjadi di bumi :

  • 30 September 2009, Gempa bumi Sumatera Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari sesar geser semangko, gempa ini berkekuatan 7,6 Skala Richter mengguncang Padang-Pariaman, Indonesia. Menyebabkan sedikitnya 1.100 orang tewas dan ribuan terperangkap dalam reruntuhan bangunan.
  • 2 September 2009, Gempa Tektonik 7,3 Skala Richter mengguncang Tasikmalaya, Indonesia. Gempa ini terasa hingga Jakarta dan Bali, berpotensi tsunami. Korban jiwa masih belum diketahui jumlah pastinya karena terjadi Tanah longsor sehingga pengevakuasian warga terhambat.
  • 12 September 2007 – Gempa Bengkulu dengan kekuatan gempa 7,9 Skala Richter
  • 27 Mei 2006 – Gempa bumi tektonik kuat yang mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah pada 27 Mei 2006 kurang lebih pukul 05.55 WIB selama 57 detik. Gempa bumi tersebut berkekuatan 5,9 pada skala Richter. United States Geological Survey melaporkan 6,2 pada skala Richter; lebih dari 6.000 orang tewas, dan lebih dari 300.000 keluarga kehilangan tempat tinggal.
  • 8 Oktober 2005 – Gempa bumi besar berkekuatan 7,6 skala Richter di Asia Selatan, berpusat di Kashmir, Pakistan; lebih dari 1.500 orang tewas.
  • 26 Desember 2004 – Gempa bumi dahsyat berkekuatan 9,0 skala Richter mengguncang Aceh dan Sumatera Utara sekaligus menimbulkan gelombang tsunami di samudera Hindia; merenggut lebih dari 220.000 jiwa.
  • 1 September 1923 – Di Yokohama, Jepang pada ukuran 8,3 skala Richter dan merenggut sedikitnya 140.000 nyawa.

(sumber : http://id.wikipedia.org/)

gempa padang

2. Gempa Vulkanik.

Yaitu gempa bumi yang disebabkan oleh gunung merapi yang sedang aktif, dimana pergerakan yang terjadi di dalam perut gunung tersebut menhasilkan sebuah guncangan di atas permukaan bumi. Pada umumnya guncangan yang terjadi yang disebabkan oleh gempa vulkanik ini lebih kecil daripada gempa tektonik dan wilayah yang berguncang karena gempa vulkanik ini juga terjadi hanya di sekitar wilayah gunung tersebut. Frekuensi gempa vulkanik yang dominan berkisar antara 1 sampai 5 Hz, selain frekuensi rendah  lainnya.

Berikut adalah contoh dari gempa tektonik yang terjadi di bumi :

  • Gempa bumi di daerah G.St. Helen tgl 23 November 1987, magnitude 1,2, kedalaman pusat gempa < 1 km, jarak episenter. (sumber :Washington State Departement of Natural Resources)

Bagaimana cara yang terbaik untuk menghadapi gempa bumi?

1. Jika terjadi gempa bumi pertama kali yang anda harus lakukan jika anda berada di dalam bangunan seperti rumah, gedung, hotel/apartemen, adalah keluar secepatnya dari bangunan tersebut untuk menghindari resiko yang besar jika bangunan tersebut runtuh.

Tapi untuk bangunan tertentu seperi gedung perkantoran yang tinggi atau hotel / apartemen mungkin sulit untuk keluar dari banguan tersebut karena disebabkan oleh banyaknya orang yang keluar dan lift yang mati. Jika anda sedang berada di dalam gedung tinggi yang sulit untuk keluar dari gedung tersebut jangan tergesa-gesa untuk keluar, karena mungkin anda akan mendapat resiko kecelakaan yang lebih besar. Jalan alternatif untuk melindungi diri dari reruntuhan gedung, adalah sebagai berikut :

  • lindungilah diri anda dibawah meja yang kuat,
  • Atau jika tidak ada meja dekatkanlah diri anda di sebelah pintu / jendela karena struktur dari pintu dan jendela lebih kuat dibandinkan dengan bangunan di tengah atau di dinding tengah.

2. Jika masih sempat siapkanlah tas ransel yang berisi (atau dapat diisi) barang-barang yang sangat dibutuhkan di tempat pengungsian. Barang-barang yang sangat diperlukan dalam keadaan darurat misalnya:

  • Lampu senter berikut baterai cadangannya
  • Air minum +/- 2 liter dan Makanan yang tahan lama seperti biskuit.
  • Kotak P3K berisi obat menghilangkan rasa sakit, plester, pembalut dan sebagainya.

3. Jika gempa bumi terjadi pada saat Anda sedang menyetir kendaraan, jangan sekali-kali mengerem dengan mendadak atau menggunakan rem darurat. Kurangilah kecepatan secara bertahap dan hentikan kendaraan anda di bahu jalan. Jangan berhenti di dekat pompa bensin, di bawah kabel bertegangan tinggi, atau di bawah jembatan penyeberangan. Karena akan sangat beresiko untuk diri anda.

Semoga berguna untuk semua!

Penulis : Yuris

https://yurizone.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: