KEAJAIBAN BURUNG HANTU

Pada kali ini marilah kita melihat sebuah keajaiban dari sang Pencipta (Allah SWT) melalui salah satu ciptaanya, yaitu seekor Burung Hantu. Banyak sekali orang (terutama anak-anak) yang takut jika melihat burung hantu, mungkin karena ia adalah termasuk sosok hewan pemburu malam yang umumnya dijumpai di malam hari dan tentunya matanya yang tajam di kegelapan malam sering menakuti manusia. Mungkin karena alasan inilah jenis burung yang dalam bahasa Inggris disebut Owl ini dinamakan sebagai Burung Hantu di dalam bahasa Indonesia.

Tapi dibalik sosok yang menakutkannya ternyata Burung Hantu ini memiliki keajaiban yang tidak dimiliki oleh mahkluk hidup lainnya di muka bumi termasuk manusia. Berikut adalah kenyataan dari keajaiban seekor burung hantu :

1. Mata Burung Hantu

mata_Burung_Hantu

Burung hantu memiliki mata yang besar dan menghadap lurus ke depan seperti manusia, tidak seperti jenis burung lain yang matanya menghadap ke samping. Bersama paruh yang bengkok tajam dan susunan bulu di kepala yang membentuk lingkaran wajah, wajah burung hantu ini demikian unik dan terkadang menyeramkan. Bentuk bola mata Burung hantu adalah silinder..

Rancangan ini memberi burung pandangan menyatu yang hebat dan ia dapat melihat benda secara 3D (3 dimensi). Tapi dibalik matanya yang besar ternyata mata Burung ternyata tidak bisa melirik. Kelemahan ini berakibat pada wilayah penglihatan yang tidak luas (mungkin hanya 15-20 sudut derajat saja). Akan tetapi, untuk menutupi kelemahannya ini ternyata Burung Hantu  dapat memutar kepalanya hingga 270 derajat (3/4 putraran) dan ia dapat melihat ke belakang dengan mudah. Sungguh ini sebuah keajaiban hanya untuk seekor burung, sehingga sering sekali Burung Hantu terlihat dapat memutar kepalanya hingga 1 putaran penuh. Dan kenyataan-nya putaran kepala Burung Hantu untuk melihat sekelilingnya lebih cepat dibandingkan dengan gerakan mata manusia untuk melihat sekelilingnya. Dan selain itu putaran kepala burung hantu ini dipercaya berfungsi untuk mengikuti suara gerakan mangsa yang diincarnya.

2. Sayap Burung Hantu

Burung hantu memiliki sayap dengan lebar 21,7 inci (55 sentimeter), merupakan sosok pemburu malam yang sempurna. Dan ia juga memiliki bulu-bulu sayap yang sangat halus untuk membantunya terbang hampir tanpa suara dan dapat menangkap mangsanya dengan mudah. Sayap Burung Hantu ini merupakan wujud dari sistem Aerodinamis yang sempurna, bahkan Burung hantu jenis Peregrine Falcon adalah burung hantu tercepat di dunia ia dapat terbang menukik dengan kecepatan mencapai 350 km/jam dengan sempurna.

Begitu sempurnanya Sistem Aerodinamis seekor burung (terutama Burung Hantu) maka manusia menirunya untuk sistem Aerodinamis yang digunakan untuk pesawat terbang mereka.

sayap_burung_hantu

flight_technology

3.Pilot Terbang yang hebat

Karena di dukung oleh sayapnya yang hebat serta Sistem Aerodinamis yang sempurna. Satu keajaiban lagi dari Burung Hantu. Yaitu Burung hantu pemakan bangkai tercatat dapat terbang di ketinggian lebih dari 11.000 m, kemampuan terbang ini sama dengan tingginya terbang sebuah pesawat jet buatan manusia yang bentuk dan berat-nya jauh lebih besar daripada seekor Burung Hantu yang kecil dan ringan. Sungguh ini sebuah keajaiban dari penciptaan-NYA.

Note: Semoga dapat menjadi ilmu yang bermafaat.

Penulis : Yuris

https://yurizone.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: