Apa itu Virtual Memori ???

Apa itu Virtual Memori? Mungkin sebagian dari pengguna Microsoft Windows sudah tidak asing lagi dengan istilah itu. Karena sering sekali windows memberi peringatan kepada user tentang “Memory is low”, ini terjadi karena komputer kekurangan memori untuk menjalankan sebuah program. Hal ini sering terjadi pada saat komputer ingin menjalankan program yang memerlukan sumber memori yang besar seperti Game, mungkin banyak gamer sering sekali terganggu dengan masalah seperti ini.

Sesuai dengan namanya “Virtual Memori” berarti :

  • Memori            : Ruang penyimpanan
  • Virtual              : Tiruan / tidak nyata.

Jadi Virtual Memori adalah sebuah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari Memori Sekunder yaitu Harddisk seolah-olah ia menggunakannya sebagai memori internal/utama (RAM) fisik yang terpasang di dalam sebuah sistem komputer. Sistem ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan page file. Proses pemakaian Virtual memori di windows umumnya dapat dilihat di Task manager, seperti gambar di bawah ini.

Grafik_Virtual_Memory

Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen yang mengatur memori virtual yaitu Virtual Memory Manager (VMM) yang memiliki fungsi untuk dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara ini maka setiap proses dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan dan tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file agar setiap aplikasi 32-bit dapat mengakses memori hingga 4 Gigabyte, meskipun Windows hanya membatasinya pada kisaran 2 Gigabyte.

Jadi, untuk komputer yang mempunyai memori / RAM kecil ada baiknya memperbesar virtual memori agar tetap dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan memori yang besar terutama untuk game.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbesar virtual memori di Windows XP (Experience) :

  1. click tombil start.
  2. Pilih / masuk ke control panel.
  3. Click pilihan System.
  4. Maka muncul window “System properties”. Dan pilih tab Advanced
  5. click tombol Setting pada frame Performance.
  6. Maka  muncul window “Performance Option”. Dan pilih tab Advanced
  7. kemudian click tombol Change pada  frame Virtual Memory.
  8. Maka akan muncul gambar dibawah ini.

Range_Virtual_Memory

9. Ubahlah nilai yang saya lingkari menjadi lebih besar dari nilai default/ nilai standar, minimal sesuai dengan nilai yang ada di gambar ini. Yaitu berkisar antara 1024 – 2048 Megabyte.

10. Click tombol Set dan OK.

11. Jika Windows anda memerlukan restart maka click tombil ok untuk me-restart komputer anda.

Sebenarnya konsep virtual memory ini juga berlaku untuk Sistem operasi lainnya seperti pada sistem operasi Linux, pada sistem operasi linux konsep virtual memory ini lebih dikenal dengan Swap memory yang telah dipartisi sebelumnya. Ini berlaku untuk semua distro linux seperti: redhat (fedora core), ubuntu/debian, mandriva/mandrake , suse dan lainnya. Tetapi dalam sistem operasi linux biasanya virtual memory telah di tetapkan sebelum proses instalasi-nya yaitu dalam bentuk partisi harddisk untuk swap memory.

Semoga tips / tutorial ini bermanfaat untuk semuanya. Terima kasih.

https://yurizone.wordpress.com

Penulis: Yuris

21:23 – 15 November 2009

13 Responses

  1. Thx For Info..

    Mau Nanya..Kalo Misalnya virtual memory nya kecil bisa bikin komputer berat?

    thx b4

    • jawabannya Ya, dapat membuat komputer lebih lambat. Dengan alasan sebagai berikut :
      Sebenarnya bukan karena virtual memory yang kecil, tapi jika sebuah sistem operasi mempunyai virtual memory yang kecil maka komputer akan lebih banyak memanfaatkan ruang di memory utama (RAM) untuk menjalankan sistem sehingga RAM akan memiliki free memory yang sedikit. Jika RAM tidak sanggup menampung semua data program yang anda jalankan tentu saja itu akan memperlambat kerja komputer anda (karena menggunakan sistem Antrian data). Lebih jelas-nya perhatikan analogi berikut :
      1. Jika anda punya RAM 512 Mb dan 1 GB Virtual Memory maka setelah sistem operasi dan program2 komputer berjalan, umumnya RAM hanya akan punya 138 Mb Free Memory (yg belum terpakai).
      2. Tapi jika RAM 512 Mb dibantu dengan 2 GB Virtual Memory maka kemungkinan anda komputer mendapat lebih banyak Free Memory RAM sekitar > 220 Mb.

      Jadi RAM sangat mempengaruhi kinerja komputer, sedangkan memory di RAM dapat diatur dengan membagi data ke Virtual Memory.

      Thanks

  2. Good info…

    Ada perbedaan kecepatan gak antara sisa hardisk 25% dengan 50% ?

    Thx bro…

    • Ya tergantung sisa yg sebenarnya dari 25% atau 50% harddisk = berapa. Jika sisanya melebihi dari yang ingin di share(bagi) untuk memori virtual, sepertinya tidak ada perbedaan..
      thanks

  3. makasih atas penjelasannya ya pak…

    • Sama2,🙂

  4. mau nanya ni mas.. saya udah naikkan virtual memori komp saya jd 1024-2048. tp msh muncul jg tulisan insuficient memory. kira2 apa yg slh ya mas? RAM komp saya 512.. makasih sebelumnya mas..

  5. Mas mau tanya saya pake nya kan di data D, di C saya ga digunakan buat nyimpen file apa harus di ganti juga virtual memory nya soalnya pas saya cek data virtual memory’a kosong (No paging file ) kalau saya rubah sesuai nilai di atas masalah ga?
    thanks alot

  6. RAM 512 Mb dan 1 GB Virtual Memory, perbandingannya kok bisa banyak ya mas, banyakan virtualnya… apa tidak masalah…. berarti kalo kita ingin mempercepat komputer kita viitualnya harus di naikkan ya mas misalkan saya punya memori 2 Gb. berarti supaya cepet kira2 virtualnya di kasih berapa ya mas? mohon jawabannya… dan terimakasih atas jawabannya….

  7. wahhh, kereeen, pas bgt keywordny sm yg q cr… tkhs infony…

  8. bagaimana kalau tertulis “space available : 0” apa masalahnya?

  9. Kalau RAM dikomputer saya hanya 256.bagaimana cara memperbesar virtual memory?
    Terimakasih

  10. Terima kasih untuk penjelasannya. Jadi tahu fungsi yang sebenarnya dari Virtual Memory tersebut.

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: