Keajaiban dari Sarang Lebah

Sebuah cairan yang manis dari seekor lebah? Ya itulah yang kita sebut dengan Madu. Mungkin semua orang sudah tau, banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi madu, baik untuk kesehatan tubuh, pemanis yang aman untuk penderita diabetes, sampai menjadi bahan kosmetik yang alami.

Namun pada kali ini saya akan menyampaikan sebuah keajaiban dari sarang madu, sebuah tempat yang dipergunakan oleh lebah madu untuk menyimpan hasil dari pekerjaannya yaitu madu.

Jika diperhatikan di dalam sarang madu terdapat ribuan kantung berbentuk heksagonal atau segi enam yang dibuat untuk menyimpan madu. Tapi mengapa mereka membuat kantung-kantung itu dengan bentuk heksagonal? Para ahli matematika melakukan penelitian dan ternyata dihasilkanlah jawaban yang menarik! Ternyata bentuk heksagonal adalah bentuk yang paling tepat untuk membangun sebuah gudang penyimpanan madu dengan kapasitas terbesar dan bentuk ini juga hanya memerlukan bahan bangunan sedikit mungkin.

Jika dibandingkan dengan bentuk-bentuk yang lain. Jika lebah kantung-kantung tersebut berbentuk tabung, seperti prisma segitiga, limas segiempat atau yang lainnya maka akan terbentuk celah kosong di antara kantung satu dan lainnya, jika itu terjadi maka sarang menjadi tidak efisien. Sedangkan kantung madu berbentuk segitiga atau persegi bisa saja dibuat tanpa meninggalkan celah kosong. Tapi ahli matematika menyadari satu hal terpenting. Dari semua bentuk geometris tersebut, yang memiliki keliling paling kecil adalah bentuk heksagonal. Karena alasan inilah, walaupun bentuk-bentuk tersebut menutupi daerah yang sama, tapi bahan yang diperlukan untuk membangun bentuk heksagonal lebih sedikit dibandingkan dengan persegi atau segitiga. Jadi kesimpulannya, suatu kantung heksagonal adalah bentuk terbaik untuk memperoleh kapasitas simpan terbesar, dengan bahan baku lilin dalam jumlah paling sedikit. Hebat bukan ternyata seekor lebah juga dapat menjadi arsitek yang ahli untuk membangun sebuah bangunan yang tepat.

Hal lain yang mengagumkan tentang lebah madu ini adalah kerjasama di antara mereka dalam membangun kantung-kantung madu ini. Bila seseorang mengamati sarang lebah yang telah jadi, mungkin ia berpikir bahwa rumah tersebut terbangun sebagai blok tunggal. Padahal sebenarnya, lebah-lebah memulai membangun rumahnya dari titik yang berbeda-beda. Ratusan lebah menyusun rumahnya dari tiga atau empat titik awal yang berbeda. Mereka melanjutkan penyusunan bangunan tersebut sampai bertemu di tengah-tengah. Tidak ada kesalahan sedikitpun pada tempat di mana mereka bertemu.

Lebah juga menghitung besar sudut antara rongga satu dengan lainnya pada saat membangun rumahnya. Suatu rongga dengan rongga di belakangnya selalu dibangun dengan kemiringan tiga belas (13) derajat dari bidang datar. Dengan begitu, kedua sisi rongga berada pada posisi miring ke atas. Sudut kemiringan juga adalah sudut yang paling tepat untuk mencegah madu agar tidak mengalir keluar dan tumpah (benar-benar sempurna).

Dan satu lagi kenyataan yang menakjubkan dari sarang lebah adalah pada kenyataanya sarang lebah sangatlah steril dan bersih. Ini telah dibuktikan oleh penelitian, bahkan sarang lebah diyakini lebih steril dibandingkan dengan ruang/kamar operasi sekalipun.

Referensi :

– Quraisy Shihab

http://www.harunyahya.com

Note: Semoga dapat menjadi ilmu yang bermafaat.

Penulis : Yuris

https://yurizone.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: