ILMU BUDAYA DASAR

I. Pendahuluan

Sebagai salah satu Negara yang memiliki wilayah yang sangat luas dan juga terdiri dari banyak pulau yang di pisahkan oleh laut, tentunya Indonesia memiliki banyak suku-suku bangsa dan keanekaragaman kebudayaan yang luas. Kebudayaan yang majemuk ini tentunya dapat memiliki dampak positif terhapap bangsa, jika masyarakatnya mengganggap bahwa keanekaragaman kebudayaan sebagai kita salah satu kekayaan dan aset yang dimiliki oleh bangsa kita.

Tapi keanekaragaman budaya juga dapat menjadi ancaman terhadap bangsa terhadap aspek persatuan dan kesatuan Negara Indonesia. Karena bahasa, adat, warna kulit, dan budaya yang berbeda dapat menjadi awal timbulnya suatu perpecahan karena masing-masing suku yang berbeda pada umumnya memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda pula.

Lalu bagaimana agar keanekaragaman kebudayaan ini dapat menjadi suatu yang bermanfaat dan dapat menjadi menunjang persatuan dan kesatuan bangsa kita, bukan sebaliknya. Tentunya masyarakat yang berbeda ini harus memiliki pemahaman yang benar terhadap kebudayaan yang majemuk khususnya di kalangan pemuda seperti mahasiswa yang kelak nantinya akan menjadi sarjana dan menjadi penerus bangsa.

Salah satu cara untuk menanamkan pemahaman yang baik tentang kemajemukan kebudayaan kita yaitu dengan memberikan suatu pembelajaran tentang nilai-nilai budaya secara menyeluruh yang khususnya berada di Negara ini. Implementasinya adalah memberikan kepada setiap mahasiswa mata kuliah Ilmu Budaya Dasar (IBD).

Diharapkan pemberian mata kuliah IBD ini nantinya dapat membekali mahasiswa agar memiliki pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya sehingga diharapkan para akademisi dapat beradaptasi dengan kemajemukan bangsa dan lebih lancar berkomunikasi untuk menunjang proses pembangunan bangsa ini.

Budaya

II. Pengertian IBD

Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kulah yang membicarakan tentang nilai-nilai, tengang kebudayaan, tentang berbagai masalah yang dihadapi oleh manusia di dalam kehidupannya sehari-hari. IBD diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaannya. Pembahasan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini memberikan pada mahasiswa dasar-dasar yang cukup kuat kepada mahasiswa untuk mencari hubungan antara segala segi kebudayaan dalam hubungan dengan usaha untuk terus mencari kebenaran, keindahan, kebebasan, dalam berbagai bentuk yang berhubungan dengan semua aspek kehidupan manusia.

III. Tujuan IBD

Pemberian mata kuliah IBD diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaanya. Secara khusus mata kuliah dasar umum bertujuan untuk menghasilkan sarjana sebagai warga Negara yang :

  1. Berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serat tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan sebagai sarjana Indonesia.
  2. Taqwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, bersikap dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan memiliki toleransi terhadap pemeluk agama lain.
  3. Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menyikapi permasalahan kehidupan baik sosial, politik maupun pertahanan keamanan.
  4. Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat dan secara bersama-sama mampu berperan serta dalam meningkatkan kualitasnya, maupun lingkungan alamiahnya dan secara bersama-sama berpersan serta didalam pelestariannya.

IV. Ruang Lingkup IBD

Dua masalah pokok yang dapat dipakai sebagai bahan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD, yaitu :

  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities) dari berbagai bidang.
  2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.

Dan IBD juga memeliki pokok-pokok yang dikembangakan, yaitu :

  1. Manusia dan Kebudayaan.
  2. Manusia dan Cinta Kasih.
  3. Manusia dan Penderitaan.
  4. Manusia dan Keindahan.
  5. Manusia dan Keadilan.
  6. Manusia dan Pandangan Hidup.
  7. Manusia dan Tanggungjawab serta Pengabdian.
  8. Manusia dan Kegelisahan.
  9. Manusia dan Harapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: