Penulisan Ilmiah

BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1.   Latar Belakang

Kemajuan Teknologi sekarang ini telah berkembang dengan pesat dan sudah banyak memberikan kegunaan bagi semua lapisan masyarakat, seperti komputer yang banyak digunakan untuk mempermudah dalam kehidupan sehari hari seperti memudahkan dalam pekerjaan dalam kantor, bisnis, transaksi berdagang ataupun transaksi jarak jauh sesuai dengan berkembangnya fasilitas internet.

Dalam aktifitas bisnis, penjualan merupakan pendapatan pokok untuk mendapatkan keuntungan bagi suatu usaha. Maka dari itu penjualan menjadi masalah utama yang harus dipikirkan untuk ditingkatkan setiap saat, salah satu-nya dengan cara meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari kegiatan tersebut. Sehingga penjualan akan semakin baik dan profit perusahaan juga akan meningkat.

Namun sering sekali penjualan harus direpotkan dengan masalah dokumentasi yang dibutuhkan. Umumnya Pembeli membutuhkan dokumen seperti Surat Jalan dan Faktur, sedangkan pihak ketiga seperti lembaga pemerintahan (Departemen Pajak) membutuhkan dokumen seperti Faktur Pajak sebagai dokumen yang sah diakui untuk setiap transaksi yang terjadi dalam suatu usaha.

Selain itu informasi tentang penjualan juga menjadi kebutuhan pokok untuk mengambil berbagai keputusan strategi suatu usaha. Karena dengan didukung informasi yang tepat maka pimpinan manajemen dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai langkah yang diambil untuk meningkatkan kehidupan suatu usaha.

Bertitik tolak dari permasalahan di atas penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang permasalahan yang terjadi dan ahirnya ide ini dituangkan dalam bentuk Penulisan Ilmiah dengan judul “PEMBUATAN APLIKASI WEB ‘ADMINISTRASI PENJUALAN’ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA (ZK, SPRING, HIBERNATE)”.

1.2.   Batasan Masalah

Melihat luas serta kompleksnya permasalahan penjualan maka pada penulisan ilmiah ini Penulis akan membatasi masalah pada pembuatan aplikasi web administrasi penjualan serta penyampaian hasil informasi kepada pimpinan perusahaan.

 

1.3.   Tujuan

Adapun tujuan penulisan ini adalah :

  • Mempermudah bagian administrasi dalam menyiapkan dokumen yang dibutuhkan oleh pembeli dan pihak ketiga (Perpajakan).
  • Menghasilkan informasi penjualan yang mendukung untuk mengambil keputusan strategis suatu usaha.
  • Menyimpan data penjualan, sehingga dapat di gunakan kembali untuk keperluan masa yang akan datang.

 

1.4.   Metode Penelitian

  • Perangkat yang Dibutuhkan

Dalam penelitian ini terdapat berbagai perangkat yang digunakan untuk mengembangkan dan menguji coba aplikasi. Perangkat-perangkat yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • Komputer Server
  • Komputer Client
  • Switch
  • Kabel jaringan / Wifi untuk membangun LAN

 

  • Prosedur Pembuatan Aplikasi

Pembuatan aplikasi dilakukan dalam beberapa tahap :

  • Pembuatan rancangan aplikasi mencakup rancangan tampilan.
  • Pembuatan rancangan database.
  • Pembuatan logika pemrograman. Logika program dibuat menggunakan bentuk diagram alur.
  • Pembuatan naskah program. Naskah program dibuat menggunakan bahasa pemrograman.

 

  • Uji Coba Aplikasi

Aplikasi ini telah di uji coba dengan compiler dan debugger sebelum di jalankan. Setelah itu aplikasi ini dijalankan sebanyak lebih dari 30 kali, dan telah diperhatikan dan di uji coba dari proses masukan (tambah, tampil, ubah, batal) data dan hasil output yang didapat berupa laporan dalam bentuk tampilan web.

 

1.5.   Sistematika Tulisan Ilmiah

Untuk memudahkan mendapatkan gambaran tentang isi tulisan ini ,maka penyusunannya dibagi dalam beberapa bab dan sub bab sebagai berikut :

 

Bab 1. PENDAHULUAN

Berisi tentang latar belakang masalah, pembatasan masalah, tujuan, metode penulisan, sistematika penulisan.

 

Bab 2.TINJAUAN PUSTAKA

Penguraian teori–teori yang berhubungan dengan bahasa pemrograman java dan sistem transaksi penjualan.

 

Bab 3. PERANCANGAN & IMPLEMENTASI

Menguraikan pembuatan aplikasi web administrasi penjualan yang dimulai dari pembagian tahapan-tahapan, yang pertama tahap perumusan materi yang berisi materi-materi yang akan dimasukan kedalam program. Tahap keduaa dalah pembuatan program, yang akan dibahas di dalamnya pembuatan masing-masing interface dan alur program. Tahap ketiga adalah tahap penggabungan materi kedalam program. Tahap keempat adalah tahap pengujian terhadap program yang selesai dibuat, juga pembahasan spesifikasi hardware dan software yang digunakan aplikasi web ini.

 

Bab 4. PENUTUP

Berisi kesimpulan dan saran.

1.1.   Kesimpulan

Berkat kemajuan teknologi komputer saat ini, teknologi jaringan komputer telah meluas. Dan berkat teknologi jaringan itu maka penggunaan data dan program dapat dipakai bersama-sama dengan bersamaan. Maka dari itu dalam penulisan ilmiah ini telah dibuat aplikasi web yang dapat dipakai oleh banyak pengguna dengan hanya menggunakan browser, sehingga aplikasi akan lebih berguna untuk dipakai banyak pengguna.

Hal ini sangat cocok untuk diterapkan di dalam dunia bisnis dimana banyak sekali pengguna dari berbagai tempat yang berbeda yang memiliki tujuan pekerjaan yang sama, sehingga aplikasi web menjadi solusi yang paling tepat untuk digunakan oleh banyak pengguna karena bebas dari urusan instalasi program. Dan aplikasi web juga memiliki keunggulan dalam pemeliharaan dan perkembangan program. Karena sumber program diletakan di dalam server maka pemrogram hanya mengubah sumber yang ada di server jika terjadi perkembangan, dan tidak perlu untuk melakukan apapun di setiap komputer pengguna.

 

 

1.2.   Saran

Aplikasi web ini masih sederhana karena hanya memuat urusan penjualan saja. Jika aplikasi web ini dikembangkan seperti untuk memuat urusan pembelian maka program akan lebih berdaya guna untuk berbagai informasi, seperti untuk menghitung stok barang. Untuk itu penulis menyarankan kepada para pembaca yang membaca penulisan ilmiah ini untuk mengembangkan aplikasi web yang sederhana ini agar menjadi lebih luas penggunaannya.

 

Output

 

One Response

  1. aplikasi ingin saya kembang kan, apakah boleh saya meminta aplikasinya ? asep.jobdesk@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: